Alat - Alat Proyek Konstruksi

Ditulis Oleh Sahala D. Sihotang Kamis, 04 April 2013 0 Comment

      Proyek konstruksi merupakan suatu kegiatan yang memerlukan waktu yang cukup lama dalam pelaksanaanya. Alat - alat proyek konstruksi merupakan salah satu sumber daya yang sering digunakan dalam pelaksanaan proyek konstruksi baik berupa alat-alat berat (heavy equipment) atau alat-alat tangan (hand power tools). Tujuan penggunaan peralatan ini adalah untuk menghasilkan mutu yang lebih baik, menghemat tenaga pekerja dan yang terpenting adalah penghematan dalam segi biaya.

1. Backhoe / Excavator, merupakan alat yang khusus digunakan untuk penggalian material dibawah permukaan tanah. Dengan menggunakan backhoe maka akan didapatkan hasil galian yang rata. Pemilihan kapasitas bucket harus sesuai dengan volume galian yang akan dikerjakan.


2. Tandem Roller, merupakan peralatan yang digunakan pada pekerjaan pemadatan tanah. Tandem roller berfungsi untuk memadatkan dan meratakan permukaan tanah pada area tanah hasil timbunan relatif luas.

3. Stamper, stamper memiliki fungsi yang sama dengan tandem roller, yaitu dipakai pada pekerjaan pemadatan tanah tetapi untuk area yang tidak terlalu luas.

4. Crane, merupakan alat angkut material konstruksi secara vertikal. Crane dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Crane dengan mesin penggerak (Mobile Crane) dan Crane tetap (Tower Crane). Crane dengan penggerak dapat melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat yang lain, sedangkan Tower Crane hanya menetap pada satu titik.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Dunia Teknik Sipil

0 Comment:

Poskan Komentar

Copyright of Dunia Teknik Sipil | 2014